Jenis – Jenis Telekomunikasi Dari Masa ke Masa

Jenis – Jenis Telekomunikasi Dari Masa ke Masa

Jenis – Jenis Telekomunikasi Dari Masa ke Masa – Interaksi sosial merupakan langkah terpenting untuk memajukan suatu bisnis. Jika melihat dari perkembangannya, beberapa pelaku usaha lebih sering menggunakan telekomunikasi jarak dekat dan jauh. Sejak beberapa tahun lalu, alat komunikasi telah hadir. Akan tetapi tidak semua orang mampu memiliki dan menggunakannya secara bebas.

Icete – Informasi berikut ini akan mengupas tuntas beberapa jenis telekomunikasi yang telah berdiri dari masa ke masa. Dan untuk lebih jelasnya, mari kita perdalam poin – poin di bawah ini, yaitu;

1. Telegraf
Telegraf merupakan media telekomunikasi jarak jauh untuk menghubungkan orang – orang tertentu. Ditemukan pada tahun 1809 oleh Samuel Thomas von Sommering. Kemudian alat tersebut mampu mengirimkan sinyal berupa suara pendek hingga panjang yang mengkodekan karakter, bilangan dan huruf. Alat ini hanya dapat dijalankan menggunakan sandi Morse. Jadi tidak semua orang mampu menggunakannya dengan baik, sebab pada saat itu alat komunikasi ini hanya menghubungkan Pulsa.

2. Telepon
Telepon atau telpon adalah alat komunikasi duduk yang pertama kali ditemukan oleh Antonio Meucci pada tahun 1871. Berasal dari bahasa Yunani, tele diartikan jauh dan phone berarti suara. Jadi arti sebenarnya yaitu pengiriman suara jarak jauh. Pada abad ke-20, benda elektronik ini sangat ngetren lantaran mampu menjalin hubungan komunikasi dengan baik. Akan tetapi, alat tersebut tidak lagi ada sejak era millennial.

Faksimile

3. Faksimile
Faksimile juga termasuk jenis telekomunikasi yang hanya mampu mengirimkan data berupa dokumen. Alexander Bain telah menjadi penemu pertama alat tersebut sejak tahun 1811. Proses pengiriman dokumen tersebut tidak berskala besar, namun bisa mengirim secara berulang kali. Dulunya mesin fotokopi masih belum ada, sehingga sejumlah perusahaan memanfaatkan media tersebut untuk menjalin hubungan kerja sama. Kurangnya, benda tersebut tidak dapat menginteraksikan percakapan secara langsung.

Televisi

4. Televisi
Televisi ialah sistem telekomunikasi yang sangat unggul dalam menerima dan mengirim suara dan gambar melalui serta optik dan kabel. Penemu media ini pertama kali adalah John Logie Baird pada tahun 1925. Gambar yang terbit pada waktu itu hanya hitam putih. Mesin tersebut memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk memancarkan sinyal. Dan di era modern, televisi semakin canggih bahkan banyak orang yang menggunakannya sebagai media interaksi dengan bantuan jaringan internet.

Radio

5. Radio
Radio merupakan salah satu alat komunikasi yang mampu mengirimkan sinyal suara melalui udara. Benda ini ditemukan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1901. Nyaris sama dengan telepon, interaksi langsung bisa terjadi berdasarkan urutan penelpon. Akan tetapi, percakapan tersebut didengar oleh orang lain. Dulunya media ini digunakan untuk memberikan hiburan, namun era modern sukses melenyapkan benda tersebut lantaran masukkan Smartphone dan Laptop.

Telepon Genggam

6. Telepon Genggam
Dan telepon genggam atau Handphone (HP) adalah alat komunikasi nomor satu hingga tahun ini. Sebab benda tersebut mampu meliputi kelima benda di atas tadi. Penemu telepon pertama kali adalah Martin Cooper di tahun 1973. Beberapa tahun kemudian, Ia langsung mengeluarkan ciptaan terbarunya hingga laku di pasaran. Dan kini, Handphone maupun Smartphone makin merajai dunia. Karena alat tersebut selalu ada di tangan para pemiliknya setiap hari.

Baca juga : 5 Manfaat Dukungan Telekomunikasi Modern Dalam Urusan Bisnis

Para penemu alat telekomunikasi tersebut tidak bekerja seorang diri. Namun dibantu dengan penemu terbaik lainnya seperti Alexander Graham Bell dan Samuel Finley Breese Morse. Hingga kini perkembangan media tersebut sangat membantu segala urusan bisnis. Namun yang lebih berpotensi adalah Handphone.