Peranan Teknologi Telekomunikasi Dalam Bidang Bisnis

Peranan Teknologi Telekomunikasi Dalam Bidang Bisnis

Peranan Teknologi Telekomunikasi Dalam Bidang Bisnis – Di zaman sekarang ini kita hidup dalam zaman modern. Hampir semua hal bisa dilakukan dari rumah saja mulai dari berbelanja, membayar tagihan, tranfer dan lainya. Semua aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan online. Memang tidak bisa kita pungkiri akan pentingnya teknologi informasi dan kehidupan kita.

Teknologi informasi ini menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam bisnis. Hampir semua perusahaan besar maupun kecil menggunakan teknologi informasi sebagai salah satu media yang diperlukan untuk memberikan peningkatan layanan bisnis. Teknologi informasi sudah banyak digunakan untuk mendukung berbagai macam proses bisnis baik dalam bidang ekonomi atau perbankan. Dengan hadirnya berbagai macam aplikasi dan juga layanan e-bussiness dan e-commerce sangat membantu dalam bisnis.

Icete – Dalam dunia bisnis, peranan teknologi san telekomunikasi dimanfaatkan untuk media perdagangan secara elektronil yang dikenal dengan istilah E-commerce. E-Commerce merupakan sebuah sistem perdagangan yang menggunakan jaringan telekomunikasi internet. Platform ini merupakan bagian dari bisnis dimana mencakup e-bussiness yang sangat luas jangkauannya. Tidak hanya sekedar perniagaan saja tapi juga mencakup berbagai kolaborasi mitra bisnis dan pelayanan nasabah. Ada juga beberapa peranan teknologi telekomunikasi dalam bidang bisnis yaitu :

1. Memberi kemudahan dalam berkomunikasi

Bagi banyak perusahaan, email menjadi media telekomunikasi yang digunakan karayawan dan klien. Email ini menjadi salah satu faktor pendorong awalnya intenet dimana penggunaanya relatif mudah dan juga jauh lebih murah apabila dibandingakan dengan penggunaan faksimile. Dengan berkembangnya telekomunikasi yang canggih ini membuat urusan bisnis menjadi lebih mudah. Selain itu, ada berbagai macam pilihan dalam berkomunikasi misalnya saja menggunakan chat, email, dan lainnya.

2. Memberikan banyak pengetahuan dan dijadikan sebagai sumber informasi

Dengan menggunakan internet, Anda hanya memerlukan satu kali klik saja dan semua informasi akan langsung tersedia, Semakin banyak pengetahuan yang Anda peroleh mengenai bisnis, maka akan semakin bisa berkembang pula bisnis yang anda kelola. Selain itu, Anda juga dengan sangat mudah mencari informasi terkait dengan kompetitor bisnis.

Peranan Teknologi Telekomunikasi Dalam Bidang Bisnis

3. Membantu dalam manjemen data

Berbagai macam data atau arsip yang berkaitan dengan bisnis Anda, Anda bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dan telekomunikasi sebagai media untuk menyimpan data dan juga bisa digunakan sebagai tempat manajemen data. Dengan menyimpan data secara online, kemungkinan data hilang sangat kecil. Sehingga Anda bisa menemukannya kapan saja atau saat diperlukan.

4. Relationship Management
Perusahaan atau bisnis bisa menggunakan kecanggihan IT untuk memperbaiki dan mengelola hubungan mereka dengan para pelanggan atau klien. Hal ini karena sudah ada platform yang berkembang untuk mengatasi hal tersebut bernama CRM. Customer relationship management merupakan sebuah sistem yang bisa digunakan untuk menangkap setiap interaksi bisnis terhadap para klienya. Dengan begitu, ada terdapat data kronologis pelanggan apabila sewaktu-waktu diperlukan. Bisa dibilang platform ini sebagai platform yang digunakan untuk merekam semua aktivitas.

5. Bisa menjalankan bisnis 24 jam
Dengan adanya perkembangan teknologi dan informasi akan sangat membantu para pelaku bisnis untuk bisa menjalankan aktivitas bisnisnya selama 24 jam. Hal ini tentu saja berbeda dengan bisnis yang dijalankan secara offline tanpa menggunakan teknologi yang mana terbatas oleh waktu dan juga ruang. Dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi ini bisnis Anda bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal dan mendapatkan untung besar. Hal ini karena para pelanggan atau klien bisa mengakses bisnis Anda kapan saja dan dimana saja.