Faktor dan Elemen Bisnis Telekomunikasi

Faktor dan Elemen Bisnis Telekomunikasi

Faktor dan Elemen Bisnis Telekomunikasi – Akibat pandemi Covid saat ini, perubahan akselerasi digital masyarakat mengalami perubahan. Banyak aktifitas yang tadinya dilakukan secara offline, kini harus dilakukan secara online. Hal ini pula yang membuat masyarakat membutuhkan layanan internet. Jika dahulunya jaringan internet merupakan kebutuhan tambahan, jaringan internet berubah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi selama pandemi terjadi. Kondisi ini membuat banyaknya pelaku bisnis telekomunikasi baru bermunculan. Mereka berlomba-lomba menawarkan layanan internet kepada masyarakat dan berkeinginan untuk menjadi perusahaan telekomunikasi yang kompeten. Untuk memberikan layanan terbaiknya kepada konsumen, operator seluler menerapkan beberapa faktor penting dalam menjalankan bisnis telekomunikasinya. Faktor tersebut terdiri dari gerak pelaku industri, perubahan lingkungan makro dan pergeseran perilaku konsumen.

Icete – Ketiga faktor tersebut juga dilengkapi dengan beberapa elemen pendukung yang sangat diperhatikan oleh pelaku bisnis telekomunikasi. Changes atau perubahan lingkungan makro merupakan faktor bisnis telekomunikasi yang pertama. Faktor ini meliputi perubahan pada sektor ekonomi, politik, perubahan sosial budaya, teknologi dan kebijakan pemerintah. Elemen yang termasuk ke dalam faktor changes antara lain:

a. Akselerasi digital ekonomi
Penggerak pasar digital payment yang ada di Indonesia salah satunya adalah akselerasi digital payment. Pengetahuan minim masyarakat Indonesia akan teknologi dan internet membuat pelaku bisnis telekomunikasi berpeluang menghadirkan layanan pembayaran online. Melalui pembayaran online ini, masyarakat dapat terus melakukan transaksi meskipun aktifitas terhambat oleh Covid.

b. Jaringan 5G
Munculnya jaringan 5G menjadi angin segar bagi masyarakat. Jaringan dengan frekuensi 2,3 Ghz ini merupakan jaringan internet masa depan yang membuat bisnis telekomunikasi semakin meningkat. Ada provider besar tanah air yang telah mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan jaringan ini. Masyarakat kelak akan mendapatkan layanan digital yang semain cepat dengan adanya jaringan 5G.

c. Ancaman cyber security
Perkembangan teknologi digital juga membuat ancaman cyber security mengalami peningkatan. Ancaman tersebut berupa data dan transaksi pengguna internet tersadap. Karena itulah, operator telekomunikasi harus memanfaatkan teknologi dalam memberikan keamanan data bagi para konsumennya.

Faktor dan Elemen Bisnis Telekomunikasi

Customer atau pergeseran perilaku konsumen meliputi perubahan kebutuhan, kebiasaan, gaya hidup, preferensi dan prioritas. Elemen yang termasuk ke dalam faktor customer antara lain:

a. Digital maturity
Masyarakat yang tinggal di tengah pandemi saat ini harus beradaptasi dengan dunia digital. Masyarakat harus bersikap dewasa dalam menghadapi perkembangan digital saat ini. Masyarakat juga perlu bersikap dewasa dalam memilih media digital sehingga tidak merugi.

b. Streaming society
Meningkatkan kegiatan yang dilakukan di rumah membuat operator telekomunikasi meningkatkan pelayanannya. Masyarakat yang membutuhkan hiburan di rumah dapat menggunakan layanan streaming.

Baca juga : Analisa yang Mempengaruhi Bisnis Telekomunikasi

Bisnis telekomunikasi juga dapat berjalan dengan baik dan lancar jika pelaku usaha memperhatikan faktor gerak pelaku industri atau competition. Pelaku industri telekomunikasi melahirkan persaingan yang terbaru sehingga melahirkan layanan yang berbeda. Perusahaan telekomunikasi tidak hanya melakukan penjualan data dan jaringan internet saja melainkan juga merubah layanan berdasarkan dengan kebutuhan para konsumennya. Pelaku bisnis telekomunikasi juga perlu untuk meningkatkan koneksi jaringan yang baik. Selama pandemi, hampir sebagian aktifitas masyarakat dilakukan di rumah. Agar semua kegiatan masyarakat dapat berjalan dengan baik, jaringan internet yang stabil sangat diperlukan. Layanan broadband menjadi layanan dimana masyarakat akan mendapatkan jaringan internet yang stabil dan kuat. OTT threat merupakan layanan konten data, multimedia dan informasi yang bekerja melalui jaringan internet. Layanan tersebut merupakan jenis layanan yang ditawarkan oleh semua operator seluler.