5 Peranan Perkembangan Teknologi dan Telekomunikasi Untuk Bisnis UMKM

5 Peranan Perkembangan Teknologi dan Telekomunikasi Untuk Bisnis UMKM

5 Peranan Perkembangan Teknologi dan Telekomunikasi Untuk Bisnis UMKM – Perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini memang tidak bisa dipungkiri lagi dapat membuat peluang yang sangat besar dalam bisnis UMKM. Dengan keberadaan teknologi informatika, memungkinkan untuk bisa bersosialisasi akan tetapi juga bisa digunakan untuk menjalankan bisnis dengan sangat mudah baik dari manajemen, produksi dan berbagai macam platform yang bisa membantu bisnis UMKM menjadi lebih lancar. Berikut ini ada beberapa peranan penting perkembangan teknologi dalam bisnis UMKM, yaitu :

1. Membantu pemasaran bisnis
Icete – Sebelum adanya berbagai perkembangan teknologi seperti saat ini, aktivitas pemasaran dalam bisnis UMKM membutuhkan dana yang cukup besar dan bisa digunakan untuk lebih banyak untuk promosi dan pemasaran bisnis. Akan tetapi, begitu banyak berkembangnya teknologi telekomunikasi seperti saat ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran atau promosi bisnis dengan sangat murah.

Tidak hanya itu saja, saat ini juga muncul berbagai macam platform yang bisa membantu Anda dalam memasarkan bisnis dengan sangat cepat dan tepat. Contohnya seperti sekarang ini sudah banyak tools yang dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana efektivitas strategi pemasaran yang sedang dijalankan serta membantu dalam menghasilkan desain bisnis UMK, yang menarik.

2. Hemat waktu dan juga biaya
Jika dulu segala aktivitas dilakukan secara offline, dengan adanya teknologi internet ini bisa memberikan kemudahan para pelaku UMKM untuk memanfaatkan internet ntuk bisnis. Misalnya saja melakukan pemesanan, berkomunikasi, pemesanan stok, dan lainnya hanya menggunakan smartphone saja. Selain itu, dengan adanya teknologi juga sangat membantu di dalam menghemat biaya bisnis UMKM. Dengan berbagai macam fleksibelitas dan juga kepraktisan yang ditawarkan maka Anda bisa menyesuaikan berbagai macam keperluan untuk bisnis UMKM agar lebih efesien dalam waktu dan biaya.

5 Peranan Perkembangan Teknologi dan Telekomunikasi Untuk Bisnis UMKM

3. Membantu dalam meningkatkan produktivitas
Sebuah bisnis UKM kecil agar bisa bersaing dengan berbagai macam bisnis lainnya yang lebih besar, maka mereka harus melakukan berbagai macam inovasi dan juga perkembangan bisnis yang cepat. Dengan adanya teknologi telekomunikasi ini tidak menutup kemungkinan bagi para pelaku UMKM untuk bisa bersaing dengan pelaku bisnis berskala besar. Selain itu, ini juga bisa digunakan untuk mengurangi error atau beberapa kesalahan yang seperti dengan melalui proses otomasi. Dengan munculnya berbagai macam software ini bisa dengan mudah membantu dalam berbagai macam hal yang bersifat administratif. Bahkan ini bisa membuat para pelaku bisnis UMKM fokus untuk mengembangkan strategi bisnis sehingga produktivitas bisnis lebih tinggi.

Baca juga : Bentuk – Bentuk Teknologi Dalam Bisnis

4. Mempermudah dalam pengelolaan tim dan bisnis
Selain dalam bidang produktivitas, perkembangan teknologi komunikasi juga bisa digunakan untuk menjaga berbagai kelangsungan bisnis. Dengan adanya teknologi ini memungkinkan komunikasi antar tim bisnis bisa lebih mudah misalnya saja dengan melalui berbagai macam aplikasi yang mudah saat ini misalnya Whatsapp dan berbagai macam platform manajemen lainnya. Ini sangat membantu dalam memantau dalam perkembangan dan juga kemajuan dalam tim.

5. Membantu meningkatkan pelayanan bisnis
Meskipun pada saat ini perkembangan teknologi tidak sepenuhnya bisa menggantikan fungsi manusia, perkembangan teknologi juga bisa membantu di dalam meningkatkan pelanggan dalam bisnis UMKM. Dengan adanya berbagai macam platform online ini memungkinkan para pelanggan maupun pelaju bisnis untuk melakukan pengecekan transaksi, order serta berbagai macam bukti pembayaran. Selain itu, di dalamnya juga berbagai macam fitur yang akan membantu dalam berbisnis UMKM. Tentu saja ini untuk memperlancar pelayanan bisnis UMKM,